3 Tips Merawat Rantai Sepeda Motor

Cara Merawat Rantai Sepeda Motor

rantai
Rantai merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Alat yang berperan meneruskan daya dari hasil kinerja mesin ke roda belakang ini menghasilkan energi gerak. Pada saat motor berjalan di berbagai kecepatan, rantai harus bekerja dengan baik, karena juga memiliki efek terhadap performa, kenyamanan dan keamanan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu dilakukan pengecekan rutin. Berikut adalah tips dalam merawat rantai sepeda motor :

  1. Kenali Bagian Rantai
    Sebelum mengetahui cara perawatan, pelajari dahulu bagian-bagiannya. Rantai pada sepeda motor terhubung dengan drive sprocket (gear mesin) dan driven sprocket (gear pada roda). Ia terdiri dari roller link saling terhubung yang disatukan dengan master link sebagai penyambung dua sisi rantai. Ketahui juga pemilihan jenis rantai yang digunakan. Rantai pada motor bebek dan motor sport memiliki perbedaan ukuran
  2. Jarak Main Bebas
    Dalam memastikan batas kekenduran, jarak main bebas rantai roda merupakan hal yang penting. Untuk mendapat tenaga yang optimal maka hal ini harus diperhatikan. Para penggunanya dapat melihat batas jarak main bebas yang tertera para stiker, biasanya berada di cover rantai. Dalam mengukur kekencangan rantai roda, para pengguna harus memastian sepeda motor berada pada posisi standar tengah dan posisi gigi netral. Kemudian putar roda untuk menemukan kekenduran rantai yang paling kecil. Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda namun pada umumnya antara 20-30 mm hingga 25-35 mm. Lebih baik pemeriksaaan dan penyetelan rantai roda dilakukan secara berkala.
  3. Gunakan Pelumas
    Sebelum memberikan pelumas pada rantai motor, anda perlu membersihkan dengan cairan pembersih dan disikat menggunakan sikat kecil. Selanjutnya dapat dilakukan pengeringan dengan menggunakan kain kering pada seluruh bagian. Dalam melakukan proses pembersihan, hindari menggunakan cairan yang mudah terbakar.
    Jangan melumasi rantai dengan oli bekas, hal ini dapat menyebabkan kotoran-kotoran menempel dan membuat rantai menjadi tidak awet. Setelah membersihkan rantai, beri pelumas khusus rantai roda atau chain lube pada roller rink dan link plate.

Baca juga : 5 Barang yang Wajib Anda Bawa Ketika Mudik Dengan Motor

Kami membuka layanan Reseller dibeberapa wilayah di Indonesia

– Sulawesi, Maluku, dan Ambon silakan hubungi Bp. Agus
– Bali Nusa dan Papua silakan hubungi Bp. Diman
– Kalimantan, Sumatra, dan Jawa Timur silakan hubungi Bp. Adang

Akhir Kata

Demikianlah cara merawat rantai sepeda motor, semoga dengan tips-tips di atas, rantai sepeda motor anda menjadi lebih awet dan tahan lama. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.