4 Penyebab Sekring Motor Sering Putus

Apa itu Sekring Motor?

sekring motorSekring motor yang berfungsi untuk memutus aliran listrik pada kelistrikan motor kadang dapat mengalami masalah seperti putus. Sekring motor yang putus atau rusak akan menimbulkan masalah bagi komponen-komponen motor yang lain. Tanda yang sering terjadi ketika sekring putus adalah lampu dan klakson yang tidak bisa nyala.
Karena merupakan komponen yang penting, Anda harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Jika sudah mengganti sekring tapi cepat putus lagi, ini bisa disebabkan kualitas sekring yang kurang bagus. Berikut adlaah beberapa penyebab sekring motor sering putus :

1. Beban Listrik Berlebih

Penyebab utama yang sering terjadi adalah kelebihan beban listrik yang lewat pada sekring. Hal ini akan menyebabkan sekring rusak dan putus, bahkan bisa sampai terbakar dan meleleh. Hal ini bisa disebabkan oleh voltase yang digunakan terlalu kecil. Gunakan kabel dengan voltase yang lebih besar dan sesuai dengan kapasitas kelistrikan motor.

2. Terjadi Konsleting Listrik

Penyebab sekring motor putus yang kedua adalah terjadinya korsleting listrik. Korsleting bisa menimbulkan percikan api dan komponen bisa sampai terbakar. Penyebab korsleting ini adalah arus listrik yang masuk pada sekring tidak stabil, sehingga bisa terjadi kerusakan. Jika lebih parah, sekring bisa terputus. Untuk mengatasinya, usahakan melakukan pengecekan secara rutin. Dan jika ada korslet, segera cari bagian yang korslet agar tidak merembet. Jika tidak bisa mengecek sendiri, lebih baik bawa ke bengkel.

3. Kualitas dan Ketebalan Kawat Sekring Motor

Apabila kualitas dan ketebalan kawat sekring terlalu tipis, saat dipasang pada boxnya, akan terasa longgar. Sekring yang terlalu tipis ini akan berpengaruh pada arus listrik. Ketika sekring tidak kuat, bisa menyebabkan komponen kendaraan bisa terbakar. Oleh karena itu, hati-hati dan lebih telitilah dalam membeli sekring untuk motor anda.

4. Gigitan Hewan

Jika Anda merasa sudah memakai sekring motor yang berkualitas dengan voltase atau daya yang sesuai, tetapi masih putus juga, mungkin penyebabnya adalah gigitan tikus. Area kabel di box harus sering dicek, jika box sudah tidak rapi, lalu kawat putus, mungkin sekring sudah digigit oleh tikus.

Baca juga : 3 Penyebab Oli Sepeda Motor Bocor

Akhir Kata

Demikianlah kemungkinan penyebab sekring motor yang cepat putus. Oleh karena itu, sekring harus dicek secara rutin keadaannya. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.