5+ Jenis Sepeda Motor yang Perlu Anda Ketahui

Seperti yang kita ketahui, sepeda motor merupakan alat transportasi umum yang sering digunakan, baik oleh kalangan atas, maupun menengah kebawah, jumlah pemakai motor di Indonesia sangat banyak dibandingkan dengan negara Barat yang lebih banyak menggunakan mobil, alat transportasi umum, ataupun berjalan kaki. Tak jarang juga sepeda motor menjadi opsi untuk para komunitas touring dalam kegiatan traveling, pasalnya, berkendara dengan motor saat traveling ke suatu tujuan wisata atau hanya untuk berkendara saja memiliki sensasi tersendiri.
Banyak sekali jenis motor yang ada tergantung dari tujuan penggunaannya, sebelum membeli motor, ketahui dulu yuk apa sajakah jenis-jenis sepeda motor ini?

Kami membuka layanan Reseller dibeberapa wilayah di Indonesia

  • Sulawesi, Maluku, dan Ambon silakan hubungi Bp. Agus
  • Bali Nusa dan Papua silakan hubungi Bp. Diman
  • Kalimantan, Sumatra, dan Jawa Timur silakan hubungi Bp. Adang
  1. Sport
    sepeda motor sport
    Motor sport pasti sudah tidak asing lagi di telinga anda, jenis motor sport atau yang lebih dikenal dengan motor balap identik dengan desain bodinya yang sangat aero dinamis. Desain bodi tersebut biasanya digunakan untuk olahraga balap motor seperti Moto GP agar membuat aliran angin lebih lancar dan tidak menghambat laju dari motor. Pada umumnya motor jenis ini memiliki kapasitas mesin yang cukup besar. Namun saat ini telah banyak motor sport yang digunakan di jalanan umum, namun dengan performa mesin yang dibatasi.
  2. Naked
    sepeda motor naked

    Pernahkah anda mendengar tentang sepeda motor naked?
    Jenis sepeda motor ini memiliki bentuk yang mirip dengan motor sport tetapi tanpa adanya tambahan body berupa firing. Jenis motor ini biasanya digunakan di daerah kota-kota sebagai motor harian. Selain itu dari segi posisi berkendara juga lebih nyaman dan tidak membungkuk seperti motor sport.
  3. Enduro
    sepeda motor EnduroMotor jenis Enduro atau Motorcross biasanya digunakan untuk berbagai jenis jalanan baik aspal maupun tanah berbatu. Selain itu, motor ini juga sering digunakan pada event balap di gurun dengan jarak ratusan kilometer yang memang membutuhkan motor segala medan dan ketahanan mesin yang sangat baik.
  4. CUB (Sepeda Motor Bebek)
    sepeda motor CUBCUB atau motor bebek mungkin lebih dulu dikenal di Indonesia, pasalnya jenis motor ini sangat umum dan banyak sekali digunakan oleh masayarakat di Indonesia. Motor ini memiliki ciri khas tersendiri dengan bentuk rangkanya yang melengkung ke atas seperti leher bebek. Motor ini juga sangat populer di Jepang. Desain yang diterapkan pada motor ini sangat memudahkan para wanita yang menggunakan rok agar mudah dalam mengendarainya. Motor bebek memiliki kapasitas mesin yang tidak terlalu besar. Namun, di Indonesia justru motor bebek digunakan sebagai motor dalam ajang balap, tentunya dengan melakukan modifikasi dari sektor mesin dan lain sebagainya.
  5. Cruiser
    sepeda motor cruiser

    Jenis sepeda motor sesuai kebutuhan selanjutnya adalah cruiser. Jenis motor ini biasanya memiliki bentuk yang besar dan posisi berkendara yang sangat nyaman. Motor ini umumnya digunakan untuk keperluan berkendara jarak jauh.
    Kapasitas mesin yang ada pada jenis motor ini dapat dikatakan sangat besar dan lebih cocok digunakan pada jalanan aspal yang cukup lebar.
  6. Sport Tourer
    Sepeda motor sport tourer

    Selain motor cruiser, jenis sepeda motor sesuai kebutuhan berikutnya adalah motor sport tourer. Motor ini memiliki fungsi untuk perjalanan jauh layaknya cruiser. Yang cukup membedakan adalah bentuk dari motor ini yang lebih mirip dengan motor sport. Namun motor ini memiliki ukuran yang jauh lebih lebar dan terkadang dilengkapi dengan kotak khusus untuk menyimpan barang bawaan selama perjalanan panjang, baik itu pakaian hingga bahan makanan. Biasanya motor jenis ini kerap digunakan oleh orang atau komunitas yang gemar touring.
  7. ATV
    sepeda motor ATVBerikutnya, ada sepeda motor ATV yang memiliki roda berjumlah 4 buah. Motor jenis ini mirip dengan motor Enduro, karena dapat digunakan di medan yang bukan jalanan biasa(offroad). Memang jenis motor ini tidak lazim dikendarai di jalanan umum, walaupun demikian, motor jenis ATV ini masih bisa digunakan untuk jalanan umum, karena juga bisa sebagai “estetika” dalam berkendara.
  8. Matic

    Sepeda motor matic atau scooter ini merupakan motor paling banyak digunakan di Asia. Jenis motor ini menggunakan transmisi otomatis sehingga lebih praktis. Awalnya motor ini difungsikan untuk kendaraan di perkotaan, tapi serining berjalannya waktu scooter kini memiliki berbagai model dan ada yang memiliki kapasitas mesin yang lebih besar.

Baca juga : 5 Tips Aman Berkendara Saat Pandemi Covid-19

Akhir Kata

Nah, sudah tahu kan apa sajakah jenis-jenis motor, ada baiknya kalian mempertimbangkan jenis motor apa yang harus dibeli sesuai dengan kebutuhan sehari-hari ya. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.