5+ Tips Merawat Motor Matic

Seperti yang kita ketahui, motor matic pada saat ini sangatlah banyak ditemui di jalan, selain karena kepraktisan yang ditawarkan dalam berkendara, motor matic juga memiliki kapasitas bagasi yang besar, sehingga memudahkan kita untuk membawa beberapa barang saat berkendara. Namun, meskipun pemakaiannya yang praktis, rupanya perawatan motor matic ini tidak semudah pemakaiannya loh. Untuk itu, simak tips berikut ini agar anda dapat merawat motor matic kesayangan anda agar awet dan berumur Panjang.

1. Memanaskan Motor Sebelum Digunakan

Sama halnya dengan motor manual, ataupun mobil, motor matic juga perlu dipanaskan sebelum digunakan untuk berkendara, hal ini bertujuan agar mesin memanas dan oli dalam mesin siap melumasi mesin, sehingga performa mesin lebih maksimal. Memanaskan motor tidak perlu memakan waktu lama, cukup dipanaskan sekitar 5 – 10 menit setiap pagi.

2. Gunakan Bensin yang Sesuai

Pada umumnya, bensin atau bahan bakar motor matic lebih disarankan untuk memakai bensin Ron 92(Pertamax), apabila motor matic diberi bensin premium, maka yang terjadi adalah mesin akan cepat rusak dan knalpot akan mengeluarkan asap.

3. Tidak Mengubah Kecepatan Secara Spontan

Karena praktisnya penggunaan motor matic, tak jarang kita mengubah kecepatan secara drastis atau spontan, baik dari kecepatan pelan lalu mengubah drastis ke kecepatan tinggi. Hal ini dapat merusak masa umur mesin bahkan merusak vanbelt motor matic anda.

4. Melakukan Servis Berkala Tepat Waktu

Servis berkala pada motor matic merupakan pengantian oli secara rutin, dan juga membersihkan karburator dan seting motor. Servis motor ini dianjurkan dilakukan sekitar 3 bulan sekali, atau sesuai KM yang ditempuh.

5. Ganti Oli Secara Berkala

Penggantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 km, sedangkan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) ketika motor sudah mencapai 5000 km. Selalu gunakan oli sesuai dengan spesifikasi motor matik Anda.

6. Pastikan Vanbelt dan Roler dalam Kondisi Baik

Vanbelt dan roller adalah dua komponen yamng membuat motor matik Anda dapat melaju. Pastikan vanbelt motor Anda dalam kondisi baik, karena vanbelt yang terbuat dari karet dan saat kondisinya buruk atau terlalu tua bisa saja putus di tengah jalan dan membuat motor tidak bisa berjalan lagi.

7. Jangan Lupakan Perawatan AKI

Mengetahui kondisi AKI motor matik adalah hal yang cukup sulit. Tetapi jangan sampai AKI motor matik anda mati karena jika AKI motor matik anda mati untuk menyalakan motor andah harus menggunakan kick starter. Untuk motor matik penggantian AKI sebaiknya dilakukan dalam 7 – 8 bulan sekali.

8. Ganti Oli Shockbreaker
Tak hanya oli mesin, oli pada shockbreaker juga sebaiknya diganti secara berkala. Jadwal penggantian oli shockbreaker umumnya setelah melewati 10.000 KM.

Baca juga : 5+ Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan dengan Motor

Demikian tips dalam merawat motor matic anda agar lebih awet dan tahan lama. Sebeneranya tidak terlalu sulit bukan? Hanya perlu teliti dan telaten agar perawatan motor berjalan dengan baik. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.