6 Penyebab Cat Motor Cepat Pudar

Cat Motor

cat motor
Cat motor merupakan elemen yang penting juga dalam motor. Pasalnya dengan cat motor ini, motor akan terlihat lebih indah dan estetik. Ada berbagai warna motor seperti putih, hitam, merah. Namun, seiring berjalannya waktu, pasti cat motor juga akan mengalami pudar. Namun hal-hal di bawah ini dapat menyebabkan cat motor lebih cepat pudar dari umurnya. Berikut kami rangkum 6 penyebab cat motor lebih cepat memudar, yuk simak.

6 Penyebab Cat Motor Lebih Cepat Pudar

  1. Debu
    Debu adalah hal yang kesannya remeh. Namun, debu tetap tidak bisa disepelekan. Pasalnya, debu yang lama melekat pada bodi akan membuat kilap motor berkurang. Hal ini juga dapat menyebabkan cat motor baret.
  2. Siraman Air Hujan
    Air hujan di daerah perkotaan bisa makin asam karena paparan polusi. Hal ini bisa mempengaruhi warna cat motor. Air hujan mengandung zat asam nitrat atau NHO3 yang bisa merusak lapisan pengkilap cat motor. Zat ini juga bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam. Oleh karena itu, disarankan motor harus dibilas air bersih atau lebih baik dicuci setelah terkena hujan.
  3. Proses Cuci Motor
    Proses cuci motor yang salah seperti penggunaan sabun colek dan detergen dapat merusak cat. Hal ini dikarenakan sabun colek maupun detergen memiliki kandungan zat kimia keras yang bisa merusak dan mengikis cat motor. Lebih baik mencuci motor dengan shampoo khusus motor.
  4. Proses Pengeringan Kurang Tepat
    Setelah mencuci, mengeringkan motor juga perlu diperhatikan. Disarankan agar mengeringkan motor hingga menyeluruh, karena jika tidak demikian, bercak dapat timbul pada bodi motor, dan ini bisa membuat noda air atau jamur jadi sulit dihilangkan
  5. Terpapar Terik Matahari
    Pada umumnya tempat pencucian motor di Indonesia menggunakan alat semprot bertekanan tinggi atau steam untuk merontokkan kotoran
    Usahakan cari tempat parkir yang teduh, jika terpaksa parkir di tempat terbuka. Panas dari sinar matahari bisa membuat cat motor kusam apalagi parkir berjam-jam. Radiasi sinar ultraviolet (UV) bisa mendekonstruksi lapisan cat, yang megakibatkan warna cat motor kusam, pudar, atau menguning.
  6. Cipratan dan Tumpahan Minyak
    Minyak rem memang berfungsi penting untuk pengereman. Tapi tidak jika tercecer hingga ke bodi motor. Sebab minyak rem bisa meresap ke dalam lapisan cat dan merusaknya. Tak hanya minyak rem, tapi juga bahan bakar minyak.

Akhir Kata

Nah, demikianlah hal-hal yang dapat mempercepat pudarnya cat motor. Oleh karena itu, perhatikan kondisi motor anda ya. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.

Giveaway

Caranya GAMPANG!

Tinggal isi form di bawah ini!