Beberapa Jenis Motor yang Sama dengan Motorcross

Macam-macam Motor yang Sama dengan Motorcross

Motorcross, trail, enduro dan supermoto pasti sudah tidak asing lagi di telinga anda, apalagi bagi para bikers atau pecinta motor. Keempat jenis motor ini memiliki kemiripan jika dilihat dari desainnya, namun ternyata jenis-jenis motor ini memiliki perbedaan tersendiri, terutama pada fitur atau spesifikasi dan tujuan ridingnya.

Selain mirip secara fisik, jenis motor ini juga mempunyai torsi yang sama besar. Ciri khas utama pada jenis motor-motor ini adalah terdapat kaki-kaki dan spakbor depan yang relatif tinggi. Apa sajakah perbedaan dari jenis-jenis motor ini? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Motorcross

motorcross
Motorcross adalah salah satu motor populer di antara para pecinta dunia balap motor. Motocross sendiri adalah sebuah kompetisi motor off road yang dilaksanakan pada sirkuit off road yang memiliki ciri khas medan berupa tanah dan memiliki berbagai rintangan seperti gundukan.

Motor ini dibuat khusus untuk balapan dengan medan yang ekstrim. Karena itu, motor ini juga dilengkapi berbagai spesifikasi fitur yang istimewa, antara lain :

• Kapasitas mesin => Mesin Motorcross memiliki kapasitas 125 cc hingga 400 cc. Karena itu, motor ini memiliki performa yang sangat baik untuk balapan.
• Shockbreker => Penggunaan fitur ini pada motocross umumnya berasal dari merk terkenal yang tentunya kualitasnya sangat baik, disertai dengan sasis yang kuat serta ban tahu/ pacul yang kembangnya relatif besar.
• Tidak memiliki perlengkapan standar perlengkapan jalan raya => Motor ini tidak untuk dikendarai di aspal karena tidak memiliki kelengkapan jalan raya, kelengkapan itu seperti dudukan plat nomor, lampu depan, lampu standar, lampu sein dan klakson hingga knalpot standar.
• Ban motor => Motocross memiliki ban belakang dengan ukuran 19 inci dan ban depan ukuran 21 inci. Spesifkasi ban motor ini memungkinkan motocross mampu melewati jalanan bebatuan.
• Suspensi motor => Motocross memiliki suspensi yang didesain untuk lompat dan mendarat dengan keras. Jadi, spesfikasinya berbeda dengan motor pada umumnya.

Perlu diingat bahwa motor ini tidak cocok untuk jalan raya dan hanya khusus untuk penggunaan di jalur balapan medan tanah. Karena Motorcross tidak memiliki perlengkapan standard berkendara di jalanan umum, maka penggunaan motor ini di jalan raya merupakan hal illegal. Walaupun Motorcross dan Motor Trail terlihat mirip, namun spesifikasi Motocross ini lebih tinggi daripada motor trail pada umumnya.

Kami membuka layanan Reseller dibeberapa wilayah di Indonesia

– Sulawesi, Maluku, dan Ambon silakan hubungi Bp. Agus
– Bali Nusa dan Papua silakan hubungi Bp. Diman
– Kalimantan, Sumatra, dan Jawa Timur silakan hubungi Bp. Adang

2. Motor Trail


Motor trail merupakan salah satu jenis motor yang memiliki banyak peminat, khususnya bagi para bikers. Jenis motor ini disebut pula dengan dual sport, karena bisa digunakan pada jalanan aspal maupun off road dan dijual legal di pasaran. Motor ini juga dilengkapi dengan kelengkapan yang standar, misalnya lampu utama, lampu sen, spion dan lain-lain sehingga legal untuk mengendarainya di jalanan umum. Berikut adalah spesifikasi dari Motor Trail:

• Jenis ban =>Jenis ban yang digunakan pada motor ini adalah ban tahu/pacul kotak-kotak dual purpose, sehingga dapat digunakan pada jalanan umum seperti aspal, maupun off road. Ukura ban depan lebih besar daripada ban belakang.
• Body motor => Desain motor trail memiliki dimensi yang lebih ramping dan ringan. Karakter mesin cenderung responsif sehingga semakin menambah performa motor ini lebih baik untuk berkendara di jalan raya maupun off road.
• Mesin motor => Motor trail pada umumnya memiliki mesin yang cukup powerful sehingga bisa untuk riding dengan kecepatan tinggi. Motor ini bisa jadi andalan di jalanan aspal yang mulus. Pabrikan motor trail mengeluarkan jenis two strokes dan four strokes. Sementara itu, ciri khas lainnya adalah durabilitas dan akselerasi yang tinggi.
• Suspensi => Motor trail memiliki suspensi di depan dan belakang, berbentuk garpu dengan ujung bawah mengait ban depan dan rem. Hal in memungkinkan motor ini mampu melintasi jalur ekstrim dan berat.

3. Enduro


Motor enduro adalah salah satu jenis motor yang banyak diminati di pasaran Indonesia. Penggunaan nama motor enduro sendiri diambil dari kata endurance, yang berarti daya tahan. Hal ini didasari dari tujuan riding motor ini, yaitu mengutamakan ketahanan baik ketahanan motor maupun bikers. Motor ini sering digunakan untuk menerjang rintangan ekstrim seperti jalanan berbatu, sungai, lumpur, menuruni bukit hingga untuk perjalanan yang cukup jauh. Motor ini didesain sedemikian rupa sehingga memiliki ketahanan yang tinggi. Berikut ini adalah spesifikasi atau fitur-fitur motor enduro :

• Lampu utama => Motor enduro memiliki lampu utama yang bisa membantu untuk kegiatan riding di malam hari.
• Jenis ban => Seperti motor trail, motor enduro juga memiliki ban motor pacul/ tahu dengan kembangan kotak-kotak yang besar.
• Tangki bahan bakar => Tangki bahan bakar pada motor ini biasanya cukup besar. Hal ini bertujuan agar motor ini bisa menempuh perjalanan jarak jauh di berbagai medan.
• Tidak memiliki perlengapan standar => Motor ini tidak memiliki perlengkapan standar sama seperti Motorcross. Hal ini karena motor enduro tidak ditujukan untuk berkendara di jalan raya.

4. Supermoto


Secara fisik, supermoto terlihat mirip dengan motor trail. Perbedaan motor ini dan motor trail adalah penggunaan ban yang halus dan nyaman. Hal ini membuat supermoto kurang cocok untuk digunakan di jalan off road. Motor ini justru sering digunakan untuk riding di jalan raya dengan perlengkapan motor yang standar. Selain itu, supermoto juga sering kali digunakan untuk tujuan freestyle di jalan aspal. Hal ini didukung dengan fiturnya yang dilengkapi dengan velg ban depan dan belakang yang memiliki ukuran sama, yaitu misalnya 17 inci (berbeda dengan motor trail yang ukuran velg nya lebih besar untuk ban depan). Motor ini baisanya digunakan untuk touring antar kota atau perjalanan jarak jauh. Supermoto bisa dikatakan sebagai campuran motor trail dan motor sport road race. Untuk bodi dan suspensinya mirip dengan motor trail. Yang membuatnya unik adalah ban pada supermoto adalah ban untuk road race.

Baca juga : Ketahui Jenis Ban Sepeda Motor Beserta Fungsinya

Akhir Kata

Nah, Sudah pada tahu kan apa saja perbedaan dari keempat jenis motor tersebut? Jenis-jenis motor ini dapat menguji adrenalin anda, karena dapat digunakan pada medan-medan yang sulit. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.