Cara Kerja Stang Seher Pada Motor

Seperti yang anda ketahui, stang seher berfungsi untuk mengubah gerak lurus menjadi gerak putar dan menghubungkan piston dengan kruk as. Namun apakah anda mengerti bagaiman cara kerja stang seher? Simak ulasan berikut ini

Cara Kerja Stang Seher

stang seher

Stang piston berfungsi untuk menghasilkan pergerakan pada mesin. Cara kerjanya adalah dengan membakar bahan bakar di bagian poros engkol yang terhubung dengan stang seher. Lalu energi lurus akan diubah menjadi energi gerak. Perubahan energi ini terjadi bersamaan dengan pembakaran bahan bakar di ruang bakar mesin.
Selanjutnya, energi tersebut akan diteruskan ke bagian silinder lainnya hingga semua mesin dapat bergerak optimal. Batang piston sangat membantu merubah volume silinder mesin. Bagian piston akan bergerak dari TMA ke TMB. Selama mesin motor hidup, piston akan bergerak naik turun untuk menghasilkan tenaga.

Ciri-Ciri Stang Seher Rusak

Setelah anda mengetahui cara kerja stang seher. Anda harus mengetahui juga ciri-ciri apabila stang piston sudah rusak. Beberapa tanda kecul maupun besar bisa dengan mudah anda ketahui. Berikut adalah ciri-ciri stang seher rusak.

  1. Terdengar Suara Keras Pada Mesin
    Ciri awal yang biasa muncul adalah terdengar suara keras atau sedikit berat pada mesin motor. Kondisi ini biasanyua terjadi saat anda sedang menyalakan motor.
    Sebenarnya suara berisik pada mesin ini tak selalu mengenai stang piston yang rusak. Kemungkinan ada bagian mesin lain yang rusak, sehingga anda juga harus melakukan pengecekan dan mencari dari mana sumber suara tersebut berasal.
  2. Mesin Mengeluarkan Asap Putih
    Tanda keluarnya asap putih ini biasanya diiringi oleh suara keras yang terdengar pada mesin. Selain pada mesin, asap putih juga dapat terlihat dari knalpot motor.
  3. Kualitas Oli Buruk
    Oli juga mempengaruhi kinerja mesin. Anda patut memeriksa apakah oli yang anda gunakan sudah oli standard atau belum. Jika oli buruk, maka mesin motor akan lebih cepat rusak. Hal ini bisa menjadi penyebab mesin cepat aus bahkan boros bahan bakar. Jika motor dilajukan pada kecepatan tinggi, stang seher akan menampakkan disfungsinya. Hal tersebut bisa menghasilkan bunyi dan laju mesin yang buruk.
  4. Kruk As Oblak
    Ciri yang terakhir adalah adanya kerusakan pada poros engkol atau kruk as. Hal ini bisa dilihat dari motor yang menghentak-hentak saat digunakan. Tarikan motor juga lebih susah dikendalikan. Hal itu bisa dikarenakan dari penggunaan motor yang tidak baik. Contohnya saja mengendarai motor dengan ugal-ugalan dan kecepatan tinggi. Jika terus-terusan begini, kerusakan motor bisa saja terjadi.

Baca juga : Ketahui Komponen Stang Seher Pada Motor Beserta Fungsinya

Akhir Kata

Nah, demikianlah cara kerja stang seher dan ciri-ciri nya apabila stang seher rusak. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.