Cara Merawat Velg Ban Motor agar Awet dan Tahan Lama

velg ban motor

Velg Ban Motor

Velg merupakan komponen penting lainnya yang ada disepeda motor, velg ban motor adalah bagian besi yang menyatu pada roda motor sehingga menjadi pondasi dari ban motor.
Tak jarang velg dari pabrik sering diganti oleh banyak antusias modifikasi motor karena dirasa kurang estetik. Alhasil banyak velg yang diganti dan banyak juga yang salah membeli velg sepeda motor harian dengan velg sepeda motor untuk balapan.

Cara Merawat Velg Ban Motor

velg ban motor
sumber : google

Tidak jarang juga banyak part abal-abal yang sudah dijual dipasaran sehingga sebagai orang awam atau baru di dunia modifikasi sering salah membeli part yang baik. Tapi pada kesempatan kali ini kami ingin membahas bagaimana menjaga velg ban motor yang awet dan tahan lama, simak tips berikut ini.

  1. Selalu jaga kebersihan velg motor
    Menjaga kebersihan motor adalah salah satu hal yang wajib selalu dilakukan. Kondisi velg motor juga tidak dapat dilupakan. Kondisi velg yang bersih, selain membuat tampilan motor anda menjadi menawan, hal ini dapat mencegah terjadinya korosi pada velg. Apalagi saat anda menerobos hujan dengan motor, maka komponen seperti velg juga dapat korosi dengan cepat, jadi anda harus rutin membersihkan velg motor.
  2. Menghindari jalanan yang berlubang
    Pada saat melewati jalanan yang berlubang, apalagi dalam kecepatan tinggi, ban motor dan aspal akan mengalami benturan. Apabila benturan terlalu keras, hal ini bisa menyebabkan velg motor bengkok atau bahkan retak. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari jalanan berlubang dan tetap hati-hati saat berkendara.
  3. Setel velg motor secara berkala
    Apabila jenis motor anda menggunakan velg berjari, maka velg perlu disetel secara berkala agar jari-jari velg tetap kuat dan nyaman saat digunakan untuk berkendara.
    Biasanya, kekuatan jari-jari pada velg akan berkruang seiring dengan waktu dan penggunaan motor.
    Disarankan tiap 6 bulan adalah waktu yang tepat untuk melakukan penyetelan velg. Namun tak salah juga bila anda ingin melakukannya setiap bulan sekali, apalagi jika motor anda sering melewati jalanan berkerikil, berlubang, dan semacamnya.
  4. Pastikan tekanan ban motor ideal
    Seringkali diabaikan, tekanan angin pada ban motor juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi velg, lho. Tekanan ban motor yang terlalu rendah akan menyebabkan pengalaman berkendaramu kurang nyaman. Karena velg motor bisa merusak permukaan dalam ban motor hingga menyebabkan bocor halus. Tak hanya itu, velg motor Anda juga bisa penyok jika dipaksa berkendara dengan tekanan ban yang rendah secara terus menerus.

Baca juga: 3 Tips agar Jok Motor Tidak Rusak Karena Carakaran Kucing?

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa tips dalam merawat velg motor agar awet dan tahan lama. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.

Giveaway

Caranya GAMPANG!

Tinggal isi form di bawah ini!