Fakta Menarik Air Radiator Motor yang Perlu Kalian Ketahui

air radiator
sumber: google

Air radiator merupakan komponen yang penting pada motor yang berfungsi untuk mendinginkan motor. Berikut adalah beberapa fakta tentang air radiator.

Air Pendingin Diganti dengan Air Mineral, Apakah Bisa?

Beberapa orang berasumsi bahwa air mineral dapat menggantikan posisi air pendingin untuk membuat mesin menjadi lebih dingin. Selain itu, ada yang beranggapan juga bahwa air mineral dapat membuat radiator lebih tahan karat. Namun, faktanya adalah hal ini tidak disarankan. Karena air mineral memiliki kandungan garam yang dapat menyebabkan karat pada radiator motor. Bagian sirip dan kisi radiator memiliki potensi besar untuk berkarat. Radiator yang berkarat akan membuat sirkulasi pendinginan menjadi lebih lambat dan tersumbat. Hasilnya motor akan sering overheat.

Warna Asli Air Radiator

Sebenarnya, warna air radiator tidak berpengaruh pada kualitasnya. Baik berwarna hijau atau merah, disarankan untuk memilih air radiator yang memiliki kandungan Ethylene Glychol tinggi. Bahan ini lah yang berpengaruh tinggi pada titik didihnya. Semakin tinggi titik didih, dan semakin anti karat, maka performa air radiator semakin tinggi.
Apakah Air Radiator Mobil bisa Digunakan pada Motor?
Bagi para pengguna motor, pasti pertanyaan ini cukup sering muncul di benak anda. Faktanya, air radiator untuk mobil dapat digunakan untuk motor juga loh. Air radiator mobil lebih manjur, dan bahkan lebih murah.

Baca juga: Awas Bikin Malu Punya Kulit Jok Murah!

Tetesan Air AC Efektif untuk Air Radiator?

Sama-sama berperan sebagai pendingin, apakah benar tetesan air AC juga efektif saat digunakan pada air radiator? Banyak yang beranggapan bahwa hal ini lumrah terjadi pada motor balap. Padahal, hal ini dinilai kurang bagus untuk diterapkan baik pada motor biasa maupun balap.
Benarnya, air tetesan AC dapat dijadikan campuran untuk coolant atau air radiator. Tips ini bahkan direkomendasikan untuk air radiator dengan jenis concentrate. Sebagai tambahan, campurkan dengan perbandingan 50:50.

Dengan menggunakan campuran ini, mesin Anda bisa mencapai titik didih sampai 129 derajat. Jika ingin titik didih lebih tinggi, Anda bisa menambah concentratenya menjadi 70%. Dengan campuran tersebut, mesin motor Anda bisa mencapai titik didih 136 derajat.

Penggantian Air Radiator

Waktu yang paling tepat untuk mengganti air radiator adalah setiap 9.000 sampai 10.000 kilometer.
Karena air radiator memiliki rentang waktu seperti ini, Anda harus ekstra mengawasinya agar tetap berfungsi dengan baik. Terlebih lagi bagi Anda yang hobi touring atau berpergian jauh, mengecek air radiator harus menjadi agenda wajib setiap kali berangkat.

Akhir Kata

Itulah beberapa fakta mengenai air radiator motor. Semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan anda terkait dunia motor. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.

Giveaway

Caranya GAMPANG!

Tinggal isi form di bawah ini!