Istilah “Tak” Pada Motor

Kata tak pada motor pasti tidak asing lagi bagi Anda, meskipun anda awam terhadap dunia motor, maupun rider. Namun apakah yang dimaksud dengan tak pada motor?
Secara harfiah istilah ini berasal dari bahasa Belanda yang artinya stroke atau langkah. Lalu, mengapa bisa ada istilah 2 tak dan 4 tak? Alasannya adalah terletak pada jumlah langkah pada satu siklus pembakaran mesin kendaraan. Siklus pembakaran yang terdiri dari 4 langkah disebut dengan 4 Tak, begitu juga halnya dengan 2 Tak.
Empat langkah yang digunakan adalah hisap-kompresi-bakar-buang. Seperti apa proses dari 4 langkah tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Proses Hisap
Langkah pertama ini adalah hisap yang mulai bekerja ketika katup hisap terbuka. Saat kondisi ini, piston mengalami pergerakan ke bawah yang membuat tekanan pada silinder menjadi rendah. Hal ini membuat udara dan bahan bakar dapat masuk melalui lubang katup. Setelah piston sudah berada pada titik mati bawah (TMB), silinder telah terisi campuran bahan bakar dan udara sehingga terjadi penyesuaian tekanan pada ruang silinder. Jika sudah sampai pada tahapan ini berikutnya akan masuk pada tahap kompresi.

Kami juga membuka layanan Reseller dibeberapa wilayah di Indonesia
– Sulawesi, Maluku, dan Ambon silakan hubungi Bp. Agus
– Bali Nusa dan Papua silakan hubungi Bp. Diman
– Kalimantan, Sumatra, dan Jawa Timur silakan hubungi Bp. Adang

2. Proses Kompresi
Langkah kompresi dimulai dengan kondisi tutup katup yang tertutup. Setelahnya, piston akan beralih melakukan gerakan pada titik mati atas (TMA). Pada kondisi ini campuran bahan bakar dan udara di ruang silinder menjadi termampatkan.
Kondisi pemampatan ini juga akan mengakibatkan peningkatan suhu yang dikenal dengan pemanasan adiabatik. Suhu pada kondisi ini dapat mencapai hingga ratusan derajat Celcius.

3. Proses Bakar
Langkah pembakaran berikutnya pada motor 4 tak mulai terjadi saat pengapian menyalakan busi, tepatnya saat piston berada di titik TMA. Munculnya percikan api di busi mempengaruhi kondisi busi berupa terjadinya ledakan kecil pada silinder sehingga mendorong pergerakan piston dari TMA ke TMB.
Proses inilah yang biasa disebut dengan langkah kerja. Tenaga yang muncul dari langkah kerja ini selanjutnya akan berpindah proses menuju crankshaft melewati connecting rod.

4. Proses Buang
Langkah terakhir pada mesin 4 tak adalah proses pembuangan. Langkah ini terjadi saat piston telah berada di titik TMB.
Ketika piston berada di titik TMB maka katup buang akan terbuka, piston akan bergerak ke TMA untuk memompa sisa gas pembakaran keluar katup buang.

Baca juga : 5 Tanda Motor Matic Bermasalah

Nah di atas adalah langkah dari pembakaran mesin 4 tak. Lantas bagaimana dengan mesin 2 tak? Proses pembakaran pada 2 tak hanya terdapat 2 langkah saja. Pada kendaraan 2 tak proses hisap dan buang berlangsung secara bersamaan saat piston bergerak ke bawah. Kemudian untuk proses kompresi dan bakar terjadi bersamaan ketika piston bergerak ke atas dan berbanding terbalik dengan langkah sebelumnya.
Itulah penjelasan dari istilah Tak pada motor, sudah ngga bingung kan? Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.