Mencuci Motor Saat Musim Hujan, Perlukah?

Perlukah Mencuci Motor Saat Musim Hujan?

mencuci motor
Sumber Gambar : Tempo.co

Apakah anda salah satu orang yang malas mencuci motor di musim hujan? Alasan motor akan cepat kotor ketika musim hujan membuat kita malas untuk mencuci motor. Namun sebenarnya hal ini merupakan hal yang salah. Sebaliknya kita justru harus rajin mencuci motor di saat musim hujan. Mengapa demikian? Berikut adalah penjelasannya.

  1. Mesin Mudah Overheat
    Situs Suzuki menyebutkan, jika motor yang terkena air hujan tidak cepat dicuci saat musim hujan, maka mesin bisa cepat overheat, penyebabnya adalah air hujan yang mengendap menjadi kotoran dalam waktu yang cukup lama terutama yang bersarang di radiator.

    Kami membuka layanan Reseller dibeberapa wilayah di Indonesia

    • Sulawesi, Maluku, dan Ambon silakan hubungi¬†Bp. Agus
    • Bali Nusa dan Papua silakan hubungi¬†Bp. Diman
    • Kalimantan, Sumatra, dan Jawa Timur silakan hubungi¬†Bp. Adang
  2. Merusak Suspensi
    Suspensi juga menjadi part yang dapat rusak setelah kotoran dari air hujan dibiarkan saja. Kotoran itulah yang dapat menyebabkan suspensi menjadi mengeluarkan suara decit yang cuckup mengganggu dan juga fungsinya jadi berkurang dan tidak empuk.
  3. Membuat Rantai Berkarat
    Untuk motor bebek atau motor sport yang menggunakan rantai, jika saat musim hujan seperti lama tidak dibersihkan, rantai akan mudah berkarat dan menjadi kotor, akibatnya rantai akan lebih mudah putus karena tidak ada pelumas alias kering.
  4. Rangka Mudah Keropos
    Selain rantai yang mudah berkarat, part-part yang berbahan logam di motor, seperti halnya velg, kick starter, standar dan lain-lain juga dapat berkarat.
    Air hujan yang tidak segera di bersihkan akan membuat part yang terbuat dari logam ini cepat karatan dan jika part tersebut karatan fungsinya pun juga akan terganggu serta jadi tidak enak untuk dilihat.
  5. Bodi Jadi Kusam
    Kotoran yang menempel di body dan dibiarkan akan menyebabkan body menjadi kusam, dan juga dibagian kaki-kaki motor juga dapat menimbulkan kerak kotoran yang sulit untuk dibersihkan nantinya. Kotoran yang disebabkan oleh hujan dapat menimbulkan water spot atau bercak di motor yang membuat motor terlihat tidak terawat.

Baca Juga : Ketahui Jenis Ban Sepeda Motor Beserta Fungsinya

Akhir Kata

Nah, sudah tau kan mengapa kita harus tetap rajin mencuci motor di saat musim hujan? Mulai sekarang jangan malas mencuci motor di musim hujan ya. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.