Penyebab Handle Rem Motor Terasa Blong

Masalah yang Terjadi Pada Motor

motor
Ketika memiliki motor yang sudah cukup lama, bahkan hampir tidak pernah mengunjungi bengkel untuk melakukan pengecekan, bisa menjadi banyak masalah yang bisa dirasakan oleh Anda. Salah satu masalah yang umum terjadi pada motor adalah handle rem yang kadang terasa blong. Tahukah Anda penyebab dari handle rem yang blong? Berikut telah kami rangkum apa saja penyebab handle rem terasa blong. Yuk ikuti artikel ini sampai selesai.

5 Penyebab Handle Rem Motor Terasa Blong

  1. Pasokan Minyak Rem Kurang
    Minyak rem merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan kondisinya. Tetapi, masih belum banyak yang mengerti kapan haris mengganti minyak rem. Minyak rem disarankan untuk diganti tiap 1 tahun sekali. Handle rem dapat blong ketika menggunakan minyak rem dengan kualitas buruk dan jumlahnya kurang, oleh karena itu, anda harus rajin mengecek kondisi minyak rem.
  2. Kanvas Rem yang Sudah Aus
    Kanvas rem sudah aus akan menyebabkan minyak rem lebih cepat habis. Jika keadaan tersebut dibiarkan terlalu lama, kanvas akan makin tipis dan motor akan kehabisan minyak rem. Hal ini sangat berbahaya apabila motor digunakan untuk melintasi jalanan yan menurun.
  3. Master Rem Bocor
    Handle rem motor bisa jadi blong karena master remnya mengalami kebocoran. Mungkin saja karet seal yang terdapat pada bagian piston sudah aus karena termakan usia, sehingga master rem mengalami kebocoran. Nah apabila mendapati master rem motor Anda mengalami kebocoran, sudah tentu angin tidak dapat ditekan dan secara otomatis kecepatan motor tidak akan turun.
  4. Suhu Peranti Pengereman Terlalu Panas
    Penyebab berikutnya adalah peranti pengereman yang suhunya terlalu panas. Peranti pengereman yang dimaksud adalah pada bagian master rem atau selang minyak rem. Apabila peranti pengereman tersebut terlalu panas, kualitas rem akan menurun.
  5. Aliran Minyak Rem Mengalami Penyumbatan
    Minyak rem memiliki peranan yang sangat penting pada proses pengeraman. Jika saluran minyak mengalami penyumbatan, tekanan hidrolis ke bagian sistem pengereman tentunya tidak bisa terjadi. Akibatnya, motor akan lepas kendali meskipun rem telah ditekan dalam-dalam. Penyumbatan pada aliran minyak rem biasanya disebabkan oleh kotoran. Lubang suplai hanya berukuran 1-2 mm saja. Jika ada kotoran sedikit saja yang masuk, sudah tentu akan mengganggu aliran minyak rem.

Baca juga: Wajib Tahu! Apa yang Bisa Buat Kulit Jok Motor Cepat Rusak

Akhir Kata

Demikianlah kemungkinan kemungkinan yang dapat menyebabkan handel rem blong. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.

Giveaway

Caranya GAMPANG!

Tinggal isi form di bawah ini!