Tips Belajar Motor Kopling

Motor Kopling

motor kopling
Sudah pernah menggunakan motor matic dan motor manual? Kurang lengkap rasanya jika kalian belum menggunakan motor kopling. Meskipun keberadaan motor kopling sudah semakin ditinggalkan, karena banyak yang dimasyarakat Indonesia yang beralih ke motor matic karena kepraktisannya. Motor kopling memiliki penggemarnya sendiri.
Motor kopling bisa Anda temukan di motor-motor sport, motor naked, maupun motor bebek. Hal inilah yang menyebabkan penggemar motor kopling berasal dari penggemar motor sport. Karena motor kopling memiliki bodi yang terlihat garang Ketika Anda naiki.

4 Tips Mengendarai Motor Kopling

Apakah motor kopling sesulit itu, kok banyak masyarakat di Indonesia menggunakan motor matic dibandingkan motor kopling? Ketika Anda menggunakan motor kopling, Anda perlu untuk menggunakan seluruh anggota gerak Anda seperti kaki dan tangan untuk saling men-sinkronkan agar motor kopling bisa dibawa berjalan. Untuk itu bagi Anda yang baru memiliki motor kopling tapi masih belum tahu bagaimana cara menggunakannya. Berikut kami berikan tips dan trik agar motor kopling tidak mati Ketika Anda baru ingin menjalankannya.

Baca juga : Kulit Jok 40rb Vs Kulit Jok 100rb

  1. Momen Buka Kopling dan Mengisi Gas
    Hal pertama yang harus dibiasakan adalah mengetahui kapan pengendara menarik gas dan melepas tuas kopling. Pada saat pertama kali menggunakannya Anda bisa belajar merasakan melepas kopling, jika dirasa motor mulai bergerak, Anda bisa mulai mengisinya dengan gas, sehingga motor tidak akan mati mesin. Jadi Anda perlu untuk bermain feeling melepas kopling pada motor.
  2. Perpindahan gigi
    Ketika sudah memahami dan membiasakan kapan harus buka tuas gas dan buka tuas kopling, berlanjut ke perpindahan gigi. Dengan kecepatan motor yang bertambah, pengendara harus mengganti gigi. Pada saat mengganti gigi, pengendara harus menekan tuas kopling, hal ini harus dilakukan bersamaan dengan menaikkan/menurukan gigi.Pada umumnya motor dengan transmisi kopling memiliki urutan 1-N-2-3-4-5-6 jadi perlu diperhatikan juga untuk Anda bisa memindahkan gigi pada motor kopling. Pastikan Ketika Anda ingin mengganti dari posisi 1 ke dua untuk mencukitnya sampai full agar urutannya tidak berada pada N sehingga berada pada posisi netral.
  3. Cara Berbelok
    Untuk menurunkan kecepatan pada saat berbelok, lebih baik hindari menarik tuas kolping, dan lebih disarankan untuk memanfaatkan deselerasi.
  4. Cara Pengereman
    Pada saat melakukan pengereman, pengendara juga harus menghindari menekan tuas kopling. Ketika melakukan pengereman, cukup gunakan tuas rem depan atau belakang, Ketika motor sudah di titik mau berhenti, baru emnarik tuas koplingnya.

Baca juga : 6 Penyebab Cat Motor Cepat Pudar

Akhir Kata

Nah, demikianlah tips-tips untuk belajar motor kopling, semoga bagi anda yang ingin belajar motor kopling, dapat menerapkan tips-tips di atas. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.

Giveaway

Caranya GAMPANG!

Tinggal isi form di bawah ini!