Tips Membersihkan Radiator Motor yang Kotor

jok

Radiator Motor

radiator
Radiator yang berfungsi sebagai pendingin mesin pada motor harus dirawat agar awet. Cara membersihka radiator motor sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak alat. Berikut adalah Langkah langkah membersihkan Radiator Motor

  1. Pastikan Motor dalam Keadaan Mati
    Saat hendak memebersihkan radiator, pastikan bahwa motor anda dalam keadaan mati. Apabila anda membersihkan radiator dalam keadaan motor nyala, hal ini dapat membuat tangna anda terluka.
  2. Pastikan Mesin dalam Kondisi Dingin
    Jangan sekali-kali membersihkan radiator ketika mesin masih dalam keadaan panas, sebab tangan anda bisa saja melepuh terkena panas radiator. Karena radiator merupakan komponen yang berfungsi untuk mendinginkan mesin, jadi bagian ini akan sangat panas jika anda menggunakan motor dalam waktu yang lama.
  3. Membuka Radiator
    Siapkan kunci nomor 8, lalu buka baut pada tutup radiator dengan kunci tersebut. Setelah tutup radiator terbuka, maka anda bisa melanjutkan untuk membuka clamp selang yang terdpata di atas baut 8. Setelah membuka clamp selang, anda bisa menguras air radiator.
  4. Menguras Air Radiator dan Tabung Coolant
    Setelah membuka radiator, yang harus dilakukan adalah menguras atau membuang air dalam radiator, kemudian menggantinya dengan yang baru. Anda dapat membuka lubang bagian bawah radiator untuk menguras airnya.Jangan buang semua air bekas radiator lama. Sisakan sedikit untuk proses flushing atau pembersihan kotoran dalam radiator. Anda bisa menuangkan cairan radiator flush dan menutup baut radiator kembali.

    Setelah baut Kembali terpasang, hidupkan mesin sekitar 5 sampai 10 menit. Flushing bertujuan untuk membersihkan kotoran yang mengendap di radiator. Setelah proses flushing selesai, tunggu hingga mesin Kembali dingin, lalu buang semua air dalam radiator.
    Pastikan bahwa air pada radiator benar-benar terkuras hingga bersih. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan bagian radiator.

  5. Menutup Kembali Coolant Radiator
    Setelah selesai menguras, pasang kembali baut pada bagian bawah radiator. Perlu diingat bahwa baut harus benar-benar tertutup hingga sempurna agar radiator tidak bocor. Hal ini dikarenakan air yang bocor dari radiator dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Anda juga harus memastikan telah menutup lubang pada bagian bawah tersebut dengan menggunakan baut bawaan radiator untuk mencegah adanya kerusakan pada radiator.
  6. Mengisi Air Radiator
    Isi kembali radiator dengan menggunakan air khusus untuk radiator. Pastikan Anda telah mengisi radiator sesuai dengan takaran motor Anda.
    Apabila anda mengisi kurang atau terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada radiator dan menyebabkan masalah pada motor Anda.
    Anda juga harus memastikan cairan yang Anda gunakan untuk mengisi radiator adalah air khusus radiator. Hindari menggunakan air keran atau air AC untuk mengisi radiator.
  7. Mengecek Coolant
    Radiator dan tabung external harus terisi dengan cairan coolant. Sebaiknya cek bagian tersebut untuk memastikan cairan coolant telah terisi sesuai takaran.
    Anda juga harus memastikan jika semua komponen pada radiator telah terpasang dengan baik. Jika ada komponen yang belum terpasang akan membuat Anda menghabiskan waktu lebih banyak lagi untuk memperbaikinya.
  8. Menghidupkan Mesin
    Hal terakhir setelah membersihkan radiator adalah untuk mengecek pasang surutnya air radiator saat mesin nyala. Caranya cukup mudah, Anda bisa melihat batas-batas yang ada pada sisi samping tabung eksternal.Perhatikan pada bagian tersebut, dan hidupkan mesin motor. Anda bisa mengamatinya untuk melihat pasang surut cairan coolant. Jika Anda melihat penyusutan yang cukup jelas atau penyusutan tersebut sangat terlihat, artinya Anda harus mengisi kembali air radiator. Namun apabila tidak terjadi penyusutan air, artinya cairan coolant telah sesuai dengan takaran.
  9. Menutup Radiator Kembali
    Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah menutup kembali radiator serta mengecek kembali apakah semua komponen telah tertutup dengan sempurna atau tidak.Jangan lupa untuk mengecek pada bagian coolant eksternal atau radiator telah tertutup dengan sempurna. Tujuannya supaya semua bagian radiator bisa berfungsi dengan baik dan benar.

Baca juga: Fakta Menarik Air Radiator Motor yang Perlu Kalian Ketahui

Akhir Kata

Demikianlah cara membersihkan radiator motor, Semoga dengan adanya artikel ini, anda dapat memebrsihkan radiator motor agar tetap awet dan tahan lama. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.