Tips Memilih Bahan Bakar yang Tepat Untuk Motor

bbm

Seperti yang kita ketahui, Bahan Bakar Minyak adalah salah satu hal yang penting agar motor dapat digunakan, namun walau demikian, kita harus memilih manakah BBM yang cocok untuk motor kita, yaitu dengan mengetahui jenis motor kita.

1. Ketahui Nilai RON Bahan Bakar Minyak

Selain mengetahui jenis motor kita, kita juga harus mengetahui RON mana yang cocok untuk motor kita. RON(Research Octane Number) adalah angka identifikasi untuk komparasi antara heptana dan isooktana. Nilai oktan adalah angka tekanan yang akan diberikan sebelum BBM terbakar. Semakin tinggi nilai RON akan membuat tenaga mesin yang dihasilkan semakin besar. Begitu juga dengan semakin tinggi rasio kompresinya, maka akan semakin besar tenaga yang dikeluarkan.

bahan bakar minyak

Kami membuka layanan Reseller dibeberapa wilayah di Indonesia

– Sulawesi, Maluku, dan Ambon silakan hubungi Bp. Agus
– Bali Nusa dan Papua silakan hubungi Bp. Diman
– Kalimantan, Sumatra, dan Jawa Timur silakan hubungi Bp. Adang

2. Cari Tahu Rasio Kompresi Mesin

Salah satu yang perlu diperhatikan saat memilih bahan bakar yang cocok untuk motor, yaitu rasio kompresi mesin. Untuk mengetahui angka rasio kompresi mesin motor, kita dapat membaca Buku Pedoman Pemilik yang biasanya diperoleh saat membeli sepeda motor.
Biasanya, motor yang rasio kompresinya tinggi akan memerlukan bahan bakar yang nilai oktannya lebih besar. Rasio kompresi mesin merupakan nilai yang menandakan perbandingan volume ruang pembakarna yang berasal dair kapasitas terbesar ke kapasitas terkecil.

Baca juga : 5 Tips Aman Berkendara Saat Pandemi Covid-19

3. Perhatikan Sistem Pendingin Motor

Memerhatikan sistem pendingin motor juga perlu dalam memilih bahan bakar yang cocok. Bagi anda yang ingin memodifikasi rasio kompresi motor agar bisa menggunakan bahan bakar yang memiliki kualitas baik. Anda harus periksa dulu apakah motor memiliki sistem pendingin yang medukung.
Bagi motor yang telah menerapkan sistem radiator, tidak perlu cemas motor akan mengalami panas atau overheat. Sementara bagi motor yang belum menerapkan sistem radiator biasanya hanya memanfaatkan angin yang masuk. Semakin tinggi nilai RON pada bahan bakar, semakin tinggi juga suhu yang dihasilkan.

Baca juga : 5+ Jenis Sepeda Motor yang Perlu Anda Ketahui

“Akan lebih baik jika bahan bakar minyak pada motor disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrik motor”

Demikian tips dalam memilih BBM yang tepat untuk motor anda, semoga dengan tips yang diberikan, anda tidak salah lagi dalam mengisi bahan bakar untuk motor anda. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.