Tips Menghemat BBM pada Sepeda Motor

bahan bakar minyak

Kendaraan Bermotor

Kendaraan tidak lagi menjadi barang tersier, tapi sudah naik satu tingkat menjadi kebutuhan skunder untuk sebagian orang, dan bahkan menjadi kebutuhan primer untuk Anda yang bekerja sebagai ojek online. Ojek online yang sudah semakin cepat tingkat perkembangannya saat ini, bisa menjadi sumber mata pencaharian baru untuk hampir semua kalangan.

Kebutuhan BBM

BBM
Tapi pernah tidak Anda berpikir “semakin banyak ojek online dijalan, tentu kebutuhan BBM juga semakin tinggi” Sehingga bisa dipertanyakan pula, apakah bahan bakar minyak akan semakin menipis dan harga semakin meningkat?
Karena itu kebutuhan bahan bakar minyak yang meningkat ini bisa Anda siasati dengan cara menghemat bahan bakar kendaraan, khususnya untuk motor yang sudah banyak dijalanan, dan hampir semua orang memilikinya. Berikut telah kami rangkum tips untuk menghemat bahan bakar minyak pada motor, yuk simak sampai selesai.

6 Tips Menghemat BBM pada Motor

  1. Jangan Memanaskan Motor Terlalu Lama
    Memanaskan motor cukup 2-5 menit saja, jangan terlalu lama. Sebab, jika memanaskan motor terlalu lama dapat menguras bahan bakar kendaraan dan terbuang sia-sia.
  2. Berkendara dalam Kecepatan Stabil
    Kecepatan berkendara juga mempengaruhi banyaknya konsumsi BBM. Jika anda mengendarai motor dengan kecepatan satbil, BBM akan lebih irit dan hemat. Usahakan untuk tidak terlalu sering “ngegas” dan ngerem mendadak ketika sedang berkendara.
  3. Selalu Periksa Tekanan Angin Ban Motor
    Cara yang ketiga adalah dengan memeriksa tekanan angin ban motor. Hal ini dikarenakan, bila tekanan ban motor terlalu rendah, akan membuat laju motor semakin berat, semakin berat laju motor, maka akan memakan lebih banyak bahan bakar.
  4. Perhatikan Ukuran Diameter Velg Motor
    Ukuran diameter velg motor juga bepengaruh dalam menghemat BBM. Kebanyakan motor menggunakan velg roda berdiameter 14 inci, namun masih banyak orang yang mengganti dan memodifikasi ukurannya menjadi 17 inci. Hal ini tentunya akan membuat penggunaan bahan bakar motor Anda lebih boros daripada menggunakan velg bawaan.
  5. Ketahui Beban Maksimal Kendaraan
    Menjaga beban maksimal kendaraan bisa menjadi salah satu cara menghemat bahan bakar motor. Kendaraan yang bebannya terlalu berat akan menjadikannya bekerja lebih keras, hal ini membuat motor membutuhkan lebih banyak bahan bakar dari biasanya. Hal ini pula yang membuat Anda menjadi boros dan membuat bahan bakar motor cepat habis. Usahakan, jangan membawa barang yang melebihi kapasitas motor Anda untuk membantu dalam menghemat bahan bakar.
  6. Gunakan Oktan yang Lebih Tinggi
    Cara membuat motor irit BBM terakhir adalah dengan memilih oktan yang lebih tinggi untuk kendaraan Anda. Pasalnya, BBM dengan oktan tinggi mampu menghemat bahan bakar dan menjadikan mesin tetap awet dengan pembakaran yang lebih sempurna.

Baca juga: Awas Bikin Malu Punya Kulit Jok Murah!

Akhir Kata

Nah, demikianlah cara menghemat bahan bakar pada motor. Semoga dengan tips di atas, bahan bakar motor anda menjadi lebih hemat. Untuk Anda pecinta motor, apakah Anda menginginkan jok Anda terlihat unik untuk pribadi atau untuk komunitas Anda? Kami ENMORE SEATCOVER punya solusinya. Kami produsen langsung yang menyediakan produk kulit jok sintetis siap pasang dengan desain dan motif-motif embos pres yang menarik dan tidak membosankan, khususnya untuk kebutuhan aestetika / variasi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya kami juga memilih jenis kulit sintetis dengan kualitas terbaik di kelasnya. Untuk pemesanan dan informasi silahkan hubungi kami DISINI, atau Anda bisa langsung mengunjungi GERAI OFFICIAL kami.

Giveaway

Caranya GAMPANG!

Tinggal isi form di bawah ini!